BUAH- BUAHAN, UNSUR, VITAMIN DAN MANFAATNYA

MANFAAT BUAH- BUAHAN

Buah – buahan yang kita kenal tidak hanya indah, enak dan bagus dari luarnya saja. Ternyata, di dalamnya, buah – buahan itu mengandung zat – zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Ingin terlihat cantik, putih dan bersih, kita dapat memperolehnya dengan cara yang alami dan tidak susah, yaitu dengan hanya mengkonsumsi buah – buahan. Ingin juga memiliki tubuh sehat, bebas dan kebal terhadap penyakit, kita juga bisa memperolehnya dari mengkonsumsi buah – buahan. Lihat dan rasakan betapa sangat bermanfaatnya buah – buahan itu. Mudah kan!! Karena itu tunggu apa lagi, mulailah hidup sehat anda dengan konsumsi buah sekarang juga.

APEL

Buah mungil berwarna merah ini ternyata kaya akan berbagai kandungan vitamin, mineral, fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan berbagai unsur lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa unsur vitamin yang terkandung dalam buah apel antara lain seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C. Sementara mineral yang terdapat dalam buah apel adalah meliputi kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Zat fitokimia yang terdapat di dalam buah apel merupakan zat antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi lingkungan sekitar. Selain itu, zat fitokimia ini juga berfungsi untuk menekan sejumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Buah apel yang mengandung serat dapat bermanfaat untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh dimana selanjutnya untuk dibuang. Kandungan tanin dalam buah ini juga terbukti dapat membersihkan dan menyegarkan mulut serta mencegah kerusakan pada gigi dan penyakit gusi.

Salah satu kandungan buah apel yang baik dalam pencegahan penyakit dikenal sebagai flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi dalam menurunkan resiko penyakit kanker.

Jadi, zat – zat seperti inilah yang paling diperlukan tubuh guna menjaga tubuh kita supaya tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

ALPUKAT

Avokad ataupun yang lebih kita kenal dengan sebutan buah Alpukat, memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, 11 jenis vitamin, 14 zat mineral, protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Buah alpukat ini juga mengnadung kadar lemak yang cukup tinggi. Namun lemak pada buah alpukat ini menyerupai lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Kandungan lemak pada alpukat merupakan lemak tak jenuh yang berdampak positif bagi tubuh.

Di dalam buah ini juga terdapat kombinasi vitamin A dan vitamin E yang dapat membuat kulit menjadi kenyal, meghilangkan kerutan, membuat kulit tampak lebih muda dan segar. Disamping itu, buah ini juga bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung, menjaga fungsi – fungsi saraf, mencegah penyakit anemia, mencegah penyakit stroke, mencegah penyakit darah tinggi, penyakit kanker maupun penyakit jantung.

PISANG

Buah yang satu ini merupakan buah yang dengan mudah dapat ditemukan dimana saja dan dapat berbuah setiap saat tanpa tergantung musim. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan zat – zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti karbohidrat kompleks yang menyediakan energi yang dengan cepat dapat diserap oleh tubuh, zat besi yang mampu meransang produksi hemoglobin (sel darah merah), zat potasium yang dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit stroke, hingga zat asam semut yang sangat bagus untuk para penderita penyakit jantung.

BELEWAH

Buah belewah memiliki kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Buah ini juga memiliki kandungan gula alami dan enzim yang mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

JERUK

Buah yang satu ini telah begitu populer dan telah sejak lama dikenal sebagai buah segar yang kaya akan vitamin dan mineral. Namun kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa buah ini kaya akan sumber vitamin C saja. Padahal kenyataannya buah ini juga banyak mengandungan zat bergizi lainnya seperti karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari buah ini yaitu seperti : karbohidrat yang mampu memperlambat proses pengosongan lambung dan proses pencernaan, membantu penurunan kadar kolesterol, mencegah kenaikan LDL reroksida (faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung), membantu memperoduksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah supaya tetap normal.
KURMA

Buah kurma memiliki kandungan gula kurma yang tinggi yang menjadikan buah ini sebagai penghasil energi yang tinggi. Buah ini juga mengandung zat sililiat, zat yang biasa terdapat dalam aspirin, yang menjadikan para pengkonsumsinya terbantu dalam meningkatkan fungsi kerja pada otak.

Disamping itu, buah kurma juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung. Untuk mencukupi kalium dalam tubuh, hanya perlu mengkonsumsi 5 buah kurma saja dalam sehari.
PEPAYA

Buah ini benar – benar bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun dari buah ini saja sudah memiliki berbagai manfaat seperti : sebagai obat jerawat, memperlancar pencernaan, menanbah nafsu makan, mengobati penyakit demam berdarah, mengobati nyeri saat haid, dan sebagai anti kanker.

Buah pepaya (Carica Papaya) mengandung berbagai zat bergizi seperti : enzim, vitamin, mineral, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, enzim papain, dan zat bergizi lainnya.

Beberapa manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari buah ini antara lain : mempercepat proses pencernaan protein, membantu memproduksi hormon pertumbuhan dengan baik, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, membantu pengaturan asam amino yang menambah kekebalan tubuh, mengurai karbohidrat dan lemak, alat kontrasepsi, dan berbagai manfaat berguna lainnya.

MANGGA

Mangga diyakini sebagai sumber karotenoid (beta crytoxanthin) yang merupakan bahan penumpas kanker yang baik. Buah mangga mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, 7 gram serat serta memiliki sifat kimia dan efek farmakologis.

Dengan adanya kandungan zat – zat ini, maka buah ini dapat membantu sistem pencernaan, menjaga kenormalan kolesterol, peluruh urine, penambah nafsu makan, peluruh dahak, serta untuk mengatasi berbagai penyakit seperti radang kulit, influensa, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas, diare, hingga rematik.


PEAR

Buah Pear mengandung vitamin C, provitamin A dan anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Buah ini mampu mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan seperti : menurunkan deman / panas tubuh, mengencerkan dan menghilangkan dahak pada batuk,  membantu mengatasi rasa tidak enak pada perut akibat kadar asam yang berlebihan dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas yang dikonsumsi.
NANAS

Buah nanas mengandung sumber vitamin B dan vitamin C. Buah ini dapat mencegah terkena serangan jantung dan stroke. Beberapa gangguan kesehatan yang mampu diobati buah nanas antara lain seperti : dapat menyembuhkan luka, menyembuhkan infeksi saluran pencernaan, serta memenuhi tubuh dengan vitamin yang dapat menjaga kesegaran tubuh.

DELIMA

Buah ini telah lama digunakan di Negara Irak dan Iran. Dimana kedua negara tersebut menggunakan buah ini sebagai jus yang dibuat berkumur dahulu sebelum diminum yang dapat membersihkan mulut dan gigi, mencegah infeksi, serta menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Dengan memakan secara perlahan buah delima dan mengeluarkan bijinya, maka dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan pada tenggorokan. Manfaat lainnya yang dapat diperoleh yaitu : kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga bakteri ini dapat dikeluarkan melalui buang air besar. Cara ini sudah sejak lam,a diterapkan oleh penduduk Negara Mesir dan Vietnam.
TOMAT

Buah tomat mengandung vitamin A, B1 dan C. Dengan mengkonsumsi buah ini maka dapat membantu membersihkan hati dan darah kita, serta dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti : gusi berdarah, rabun senja / kotok ayam, penggumpalan darah, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara.

Buah ini juga dapat di buat menjadi jus segar, yang sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa jus tomat dapat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan menjaga stamina tubuh serta menyehatkan badan. Tomat yang kaya akan garam mineral dapat meningkatkan nafsu makan akibat penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan) dan meransang aliran air liur sehingga makanan dapat tercerna dengan baik.
SEMANGKA

Dengan terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering dapat membuat darah memiliki terlalu banyak kandungan asam dan mengakibatkan bintik – bintik merah pada kulit. Jus semangka bisa merontokkan asam tersebut serta memperbaiki kandungan darah.

Bagi para penderita penyakit diabetes, dengan mengkonsumsi jus semangka secara teratur maka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea juga dapat dihilangkan dengan cara meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.
KELENGKENG

Buah kelengkeng banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan vitamin B. Buah yang manis ini merupakan salah satu sumber energi yang berguna untuk meningkatkan stamina tubuh sehabis sakit.

Buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi para wanita hamil yang lemah ataupun sesudah melahirkan, karena sangat baik dalam hal pemenuhan energi. Dengan memakan buah ini secukupnya secara teratur, maka dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia, pemutihan rambut dini, dan mempercepat proses penyembuhan luka luar.

Buah ini harus dikonsumsi secukupnya saja. Karena jika terlalu berlebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.
BELIMBING

Buah belimbing mengandung vitamin C dan Provitamin A. Dengan mengkonsumsi buah ini, dapat membantu memperlancar pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.
LECI

Buah mungil manis ini kaya akan kandungan berbagai zat bergizi seperti : protein, lemak, vitamin C, fosfor, zat besi, sukrosa dan glukosa yang melimpah. Dengan mengkonsumsi buah ini pada malam hari, maka dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.
KELAPA

Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sementara dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan minyak kelapa. Dengan meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya, dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan, diabetes, dan dipercaya dapat membuang racun dalam darah. Dihimbau kepada Anda sekalian untuk tidak meminum terlalu banyak air kelapa muda karena dapat menyebabkan rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang sebaiknya jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.

BUAH STRAWBERRY

Buah stoberi mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C serta antioksidan yang berguna untuk melawan zat radikal bebas. Beberapa fungsi buah ini untuk menjaga kesehatan yaitu : mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih, menjadi anti virus dan menjadi anti kanker.

BUAH GUAVA

Guava / Jambu merah mengandung vitamin C yang sangat banyak, serta zat antioxidan dan antikanker. Fungsi buah ini untuk kesehatan antara lain seperti : menurunkan kadar kolesterol dara, mengobati infeksi, menjaga mengobati sariawan, memperlancar peredaran darah, melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

BUAH MELON

Melon mengandung vitamin C, provitamin A, zat anti kanker serta zat antioksidan. Beberapa fungsi buah ini untuk kesehatan antara lain seperti : mencegah darah menggumpal, membersihkan kulit, menlancarkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolestrerol.

BUAH WORTEL

Sedari dahulu, wortel diketahui kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat wortel selain untuk menjaga kesehatan mata, yaitu untuk meningkatkan kekebalan dan ketahanan tubuh jasmani maupun menjaga hati tetap sehat.

BUAH DUKU

Komposisi zat gizi yang terkandung dalam buah duku yaitu : . Setiap 100 gr buah duku terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 13 g, mineral 0.7 g, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 mg.

Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi; duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel ataupun jeruk manis. Kandungan lain dalam buah ini adalah dietary fiber atau serat, yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Selain memiliki daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. Kulit kayunya juga sering digunakan orang untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat menghambat dan membasmi sel-sel kanker.

Kiwi
Buah Kiwi terdirid ari dua jenis, yaitu Kiwi Gold dan Kiwi Hijau. Kiwi Hijau memiliki daging berwarna hijau di dalamnnya dan Kiwi Gold memiliki daging berwarna kuning. Buah yang cantik dan banyak digunakan sebagai hiasan ini, ternyata memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Kiwi kaya akan 100 mg Vitamin C dalam 100 gram beratnya, sementara jeruk hanya 54 mg per 100 gram. Selain itu, Kiwi juga mengandung polifenol; karotenoid, dan enzim pembentuk zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Kandungan lutein dan beta karoten Kiwi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kalium yang tersimpan didalamnya juga dapat menjada kesehatan jantung kita, serta membantu Anda menghilangkan masalah pada pencernaan. Hasilnya, Anda memiliki tubuh yang lebih sehat.

Buah Naga

Buah Naga atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘Dragon Fruit’, merupakan buah yang berasal dari Amerika yang dibudidayakan di Negara – Negara Kawasan Asia. Selain bentuknya yang unik dan rasanya yang manis, Buah Naga ini kaya akan manfaat. Beberapa manfaat buah ini untuk kesehatan yaitu : dapat menurunkan kolesterol, sebagai penyeimbang gula darah, mengandung vitamin C; Beta Karoten; Kalsium; serta Karbohidrat, kaya akan serat, mencegah kanker, memperlancar proses pencernaaan, menjaga kesehatan mulut, dan mengobati keluhan keputihan pada wanita.

Rambutan

Buah yang satu ini sangat terkenal manis dan enaknya. Semua orang menyukainya. Perlu diketahui, bahwasanya buah yang memerlukan iklim yang lembab untuk bertumbuh, memiliki banyak kasiat untuk kesehatan. Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Selain buahnya, kulit buah ini juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas dan obat disentri, serta daunnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare dan menghitamkan rambut. Bijinya juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

Buah Nangka

Buah yang satu ini, sangat digemari sebagai bahan sayuran dan sebagai pelengkap aneka jenis minuman. Berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh dari buah ini antara lain : selain Buah Nangka Muda yang dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, daun muda nangka juga dapat digunakan sebagai pakan ternak. Kayu nangka yang memiliki kualitas bagus juga dapat digunakan untuk pembuatan meubel. Dan pohonnya dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Buah Manggis

Buah Manggis telah dinyatakan oleh banyak orang sebagai buah tropis terbaik dan terkenal sebagai ‘Queen of The Fruit’. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, B1, B2, kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Buah ini merupakan konsentrasi dari zat xanthones yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat yang dapat menambah dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Zat xanthone ini terdiri dari 40 jenis, termasuk alpha – mangostin dan gamma mangostin yang mampu mencegah berbagai penyakit. Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E. Secara ilmiah, telah dibuktikan bahwa buah ini tidak menyebabkan kerusakan jaringan apapun dalam tubuh.

Buah Mengkudu

Buah yang satu ini termasuk sejenis tanaman liar, dengan bentuk yang tidak begitu menarik serta aroma yang kurang menggiurkan. Namun jangan memandang remeh buah ini. Ternyata dibalik semua itu, buah ini telah banyak digunakan sebagai obat – obatan herbal alternative dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Beberapa manfaat buah ini yang telah terbukti secara ilmiah yaitu : meningkatkan daya tahan tubuh dengan meransang produksi sel T yang berperan pening dalam melawan penyakit, mengandung sejenis fitonutrien yang memperlebar saluran pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi normal, anti tumor dan kanker, menghilangkan rasa sakit dengan kandungan xeroninenya, memiliki senyawa scopoletin sebagai zat anti radang dan anti alergi, bersifat anti bakteri, mengatur siklus energi tubuh oleh kegiatan positif sari buah mengkudu, mengatasi problem kesehatan pada saluran pernafasan; pencernaan; penyakit kulit; dan penyakit pada mulut dan tenggorokan, serta sebagai tonik mengatasi keriput akibat proses penuaan.

Jadi, Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia, Namun sayang kadang kala dilupakan. Dengan penjelasan di atas, semoga buah-buahan tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi. Fresh inside, health outside with fruits; start it now !!!

Sumber : http://www.citi-talk.com/view.php?nid=1089

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: