silabus seni rupa 2

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Program : X
Semester : 1
Alokasi Waktu : 10 pertemuan ( 2X 45 menit )
Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
9.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah daerah setempat

9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan
Teknik dalam karya seni terapan di wilayah
daerah setempat

Karya seni rupa daerah setempat
1. Pengertian Seni Terapan
2. Sifat- sifat Dasar
Terapan
– Sifat fisik
– Sifat estetesis
3. Unsur seni rupa garis, bidang ruang, warna, tekstur, gelap terang
4. Fungsi dan Tujuan seni
5. Jenis- jenis Karya seni rupa
– Matra
– Teknik
– Sudut Tujuan

Contoh :
Lukisan, gambar poster, gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni kria terapan. 1. Mengindetifikasi karya seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
2. Mendeskripsikan makna seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
3. Mendeskripsikan peranan seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
4. Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan trasional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya. 1. Mendeskripsikan karya seni terapan daerah setempat secara lisan
atau tertulis berdasarkan sejarahnya.

2. Menjelaskan pengertian seni terapan gambar poster
3. Mendeskripsikan karya seni terapan daerah setempat berdasarakan karya seni terapan gambar poster daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya.
4. Menganalisis karya seni terapan gambar poster daerah setempat berdas arkan fungsi.
5. Membedakan bentuk- bentuk seni gambar poster berdasarkan fungsi sosial masyarakatnya.
6. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan daerah setempat.
7. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan daerah setempat.
8. Membuat tulisan atau lisan atas tanggapan keunikan karya seni rupan terapan daerah setempat.
9. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah setempat.
Jenis Tagihan:
Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:
Praktek,
Unjuk kerja,
Penilaian
proses 4X perte-muan

4X pertemu-an 1.Buku- Seni Budaya
budaya
Kelas X Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga
2. Buku- Seni Budaya
Kelas X Penyusun
karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
3. Buku- Seni Budaya Kelas X
budaya Penyusun
Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:
Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :
Cat poster, cat air, pensil berwarna,
Penggaris, pensil berwarna,
Pastel, krayon, penghapus, spidol, dll.

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Program : X
Semester : 1
Alokasi Waktu : 12 X ( 2X 45 menit )
Standar Kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
10.1Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah nusantara .

10.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah nusantara .

10.3 Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

10.4 Menata karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.
Karya seni rupa daerah setempat
Berekspresi karya seni rupa terapan daerah
Setempat
Faktor- faktor:
a. Estetik
b. Artistik
c. Kegunaan
d. Tempat
e. Rasa Bahan
f. Selera
Disain Seni Rupa terapan, perlu memperhatikan 3 hal:
1. Bentuk
2. Fungsi
3. Bahan

Ujud Disain ada 2:
1. Struktural
2. Dekoratif

Contoh :
Lukisan/ dresspainting , gambar poster, gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni kria terapan. 1. Mengindetifikasi karya seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.

2. Mendeskripsikan makna seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

3. Mendeskripsikan peranan seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

3. Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

4. Berkarya aktif dalam pengembangan dan penggunaan teknik dan gaya seni rupa terapan di wilayah daerah setempat 1. Mengindentifika-si gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.

2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.

4. Membuat karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara

5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.

6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.

7. Meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting
Dll.

8. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.

9. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan

11. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.

12. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan Jenis Tagihan:
Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:
Praktek,
Unjuk kerja,
Penilaian
Proses

4X perte-
Uan

3X perte-
Uan

1X pertemuan

1X perte-
Uan

1X perte-
Uan

1X perte-
Uan1X perte-
Uan

1X perte-
Uan

1.Buku- Seni Budaya
budaya
Kelas X Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga
2. Buku- Seni Budaya
Kelas X Penyusun
karangan Harry Sulastiyan-to penerbit Grafindo
3. Buku- Seni Budaya Kelas X
budaya Penyusun
Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:
Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :
Cat poster, cat air, pensil berwarna,
Penggaris, pensil berwarna,
Pastel, krayon, penghapus, spidol, dll.
Nafs
Bahan Pelajaran:
Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :
Cat poster, cat air, pensil berwarna,
Penggaris, pensil berwarna,
Pastel, krayon, penghapus, spidol, dll.

SILABUS

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Alokasi Waktu : 8x ((2X45 menit ) atau 8 pertemuan
Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi karya seni rupa/ seni kria

Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
9.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara Karya seni rupa daerah setempat
1. Pengertian Seni Terapan
2. Sifat- sifat Dasar Terapan
– Sifat fisik
– Sifat estetesis
3. Unsur seni rupa garis, bidang ruang, warna, tekstur, gelap terang
4. Fungsi dan Tujuan seni
5. Jenis- jenis Karya seni rupa
– Matra
– Teknik
– Sudut Tujuan

Contoh :
Lukisan, gambar poster, gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni kria terapan. 1. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat yang diujudkan dalam visualisasi cerita bergambar

2. Mendeskripsikan makna seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
3. Mendeskripsikan peranan seni rupa setempat dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

4. Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan trasional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya. 1. Mendeskripsikan bahan cerita yang akan diujudkan dalam karya seni terapan daerah Nusant ra secara lisan
atau tertulis berdasarkan sejarahnya.

2. Menjelaskan pengertian seni terapan gambar illustrasi/ visualisasi cerita bergambar

3. Mendeskripsikan karya seni terapan daerah setempat berdasarakan karya seni terapan daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya

4. Menganalisis karya seni terapan daerah setempat berdas arkan fungsi.

5. Membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial
Masyarakatnya daerah Nusantara.

6. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan daerah Nusantara.

7. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan daerah Nusantara

8. Membuat tulisan atau lisan atas tanggapan keunikan karya seni rupan terapan daerah Nusantara.

9. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah Nusantara.
Jenis Tagihan:
Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:
Praktek,
Unjuk kerja,
Penilaian
proses 2X perte-
Muan

2X perte-
Muan

2X pertemu-
An

2X pertemu-
An
Buku- buku Seni Budaya
( Seni Rupa)

Bahan Pelajaran:
Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :
Cat poster, cat air, pensil berwarna,
Penggaris, pensil berwarna,
Pastel, krayon, pengha-pus, spidol, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: