SILABUS 5 SENI RUPA SMA

SILABUS

Nama Sekolah :   SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran :  Seni Budaya
Kelas/Program :  XI IPA
Semester :  1
Alokasi Waktu :  8x ((2X45 menit ) atau  8 pertemuan
Standar Kompetensi :  11.  Mengapresiasi  karya seni rupa/ seni kria

Kompetensi Dasar

Materi Pelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
11.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan teknik proyeksi perspektif di wilayah Nusantara

11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan

Teknik dalam karya seni terapan di wilayah

daerah setempat

Karya seni rupa daerah setempat

  1. Pengertian Seni  Terapan
  2. Sifat- sifat Dasar Terapan

–        Sifat fisik

–            Sifat estetesis

  1. Unsur seni rupa  garis, bidang ruang, warna, tekstur, gelap terang
  2. Fungsi dan Tujuan seni
  3. Jenis- jenis Karya seni rupa

–          Matra

–          Teknik

–          Sudut  Tujuan

Contoh :

teknik proyeksi perspektif gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni  kria terapan.

  1. Mengindetifikasi karya seni  rupa terapan nusantara  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat yang diujudkan dalam visualisasi cerita bergambar
  1. Mendeskripsikan makna seni rupa setempat  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
  2. Mendeskripsikan peranan   seni rupa setempat  teknik proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
  1. Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan trasional  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
    1. Mendeskripsikan bahan teknik proyeksi perspektif akan diujudkan dalam  karya seni  terapan  daerah Nusant ra secara lisan
atau  tertulis berdasarkan sejarahnya.

  1. Menjelaskan pengertian seni terapan teknik proyeksi perspektif bergambar
  1. Mendeskripsikan karya seni  terapan  daerah setempat teknik proyeksi perspektif berdasarakan karya seni  terapan  daerah setempat berdasarkan  sosial  budaya dan klasifikasinya
  1. Menganalisis  karya seni  terapan  daerah setempat teknik proyeksi perspektif berdas arkan fungsi.
  1. Membedakan bentuk- bentuk seni teknik proyeksi perspektif berdasarkan fungsi sosial

Masyarakatnya daerah Nusantara.

  1. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara.
  1. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara
  1. Membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupan terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara.
  1. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah Nusantara.
Jenis Tagihan:

Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:

Praktek,

Unjuk kerja,

Penilaian

proses

2X perte-

muan

2X perte-

Muan

2X pertemu-

An

2X pertemu-

An

Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga

2. Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun

karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo

3. Buku- Seni Budaya Kelas XI

budaya Penyusun

Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:

Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :

Cat poster, cat air, pensil berwarna,

Penggaris, pensil berwarna,

Pastel, krayon, pengha-pus, spidol, dll.

SILABUS

Nama Sekolah :   SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran :  Seni Budaya
Kelas/Program :  XI IPA
Semester :  1
Alokasi Waktu :  14 x ((2X45 menit ) atau  14 pertemuan
Standar Kompetensi :  9.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni kria

Kompetensi Dasar

Materi Pelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
10.1Merancang karya seni rupa terapan

Proyeksi perspektif dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah Mancanegara

10.2Membuat karya seni rupa terapan Proyeksi perspektif dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  di wilayah Mancanegara

10.3 Menyiapkan karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

10.4 Menata  karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

Karya seni rupa daerah setempat

Berekspresi karya seni rupa terapan daerah

Setempat

Faktor- faktor:

  1. Estetik
  2. Artistik
  3. Kegunaan
  4. Tempat
  5. Rasa Bahan
  6. Selera

Disain Seni Rupa terapan, perlu memperhatikan 3 hal:

  1. Bentuk
  2. Fungsi
  3. Bahan

Ujud Disain     ada 2:

  1. Struktural
  2. Dekoratif

Contoh :

Grafiti  /Dresspainting Lukisan, gambar poster, gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni  kria terapan.

1.   Mengindetifikasi karya seni  rupa setempat Proyeksi perspektif  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.

2.   Mendeskripsikan makna seni rupa  setempat  Proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam kontek kehidupan budaya masyarakatnya.

3. Mendeskripsikan peranan   seni rupa setempat Proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

4.Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan tradisional  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

  1. Berkarya aktif dalam pengembangan dan penggunaan teknik dan gaya seni rupa terapan di wilayah mancanegara
    1. Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan dua dimensi daerah  di wilayah  Nusantara yang diujudkan dalam Proyeksi perspektif wilayah  Nusantara
  1. Mempresentasi-kan karya seni terapan dua dimensi Proyeksi perspektif daerah setempat di wilayah Nusantra
  1. Mendesain  gambar  seni rupa terapan Proyeksi perspektif yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  1. Membuat  karya seni terapan Proyeksi perspektif dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah Mancanegara
  1. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  1. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  2. Meyiapkan unsur pendukung pameran, brosur, undangan, poster, spanduk.
  1. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  2. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  3. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
  4. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
  5. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

masyarakatnya.

Jenis Tagihan:

Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:

Praktek,

Unjuk kerja,

Penilaian

proses

4X pertemu-

An

2X pertemu-

An

4X pertemu-

An

4X pertemu-

An

Buku- Seni Budaya

budaya

Kelas XI Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga

2. Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun

karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo

3. Buku- Seni Budaya Kelas XI Penyusun

Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:

Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembela-jaran :

Cat poster, cat air, pensil berwarna,

Penggaris, pensil berwarna,

Pastel, krayon, penghapus, spidol, dll.

SILABUS

Nama Sekolah :   SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran :  Seni Budaya
Kelas/Program :  XI IPA
Semester :  1
Alokasi Waktu :  8x ((2X45 menit ) atau  8 pertemuan
Standar Kompetensi :  11.  Mengapresiasi  karya seni rupa/ seni kria

Kompetensi Dasar

Materi Pelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
11.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan teknik proyeksi perspektif di wilayah Nusantara

11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan

Teknik dalam karya seni terapan di wilayah

daerah setempat

Karya seni rupa daerah setempat

  1. Pengertian Seni  Terapan
  2. Sifat- sifat Dasar Terapan

–        Sifat fisik

–            Sifat estetesis

  1. Unsur seni rupa  garis, bidang ruang, warna, tekstur, gelap terang
  2. Fungsi dan Tujuan seni
  3. Jenis- jenis Karya seni rupa

–          Matra

–          Teknik

–          Sudut  Tujuan

Contoh :

teknik proyeksi perspektif gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni  kria terapan.

  1. Mengindetifikasi karya seni  rupa terapan nusantara  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat yang diujudkan dalam visualisasi cerita bergambar
  1. Mendeskripsikan makna seni rupa setempat  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
  2. Mendeskripsikan peranan   seni rupa setempat  teknik proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
  1. Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan trasional  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
    1. Mendeskripsikan bahan teknik proyeksi perspektif akan diujudkan dalam  karya seni  terapan  daerah Nusant ra secara lisan
atau  tertulis berdasarkan sejarahnya.

  1. Menjelaskan pengertian seni terapan teknik proyeksi perspektif bergambar
  1. Mendeskripsikan karya seni  terapan  daerah setempat teknik proyeksi perspektif berdasarakan karya seni  terapan  daerah setempat berdasarkan  sosial  budaya dan klasifikasinya
  1. Menganalisis  karya seni  terapan  daerah setempat teknik proyeksi perspektif berdas arkan fungsi.
  1. Membedakan bentuk- bentuk seni teknik proyeksi perspektif berdasarkan fungsi sosial

Masyarakatnya daerah Nusantara.

  1. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara.
  1. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara
  1. Membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupan terapan teknik proyeksi perspektif daerah Nusantara.
  1. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah Nusantara.
Jenis Tagihan:

Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:

Praktek,

Unjuk kerja,

Penilaian

proses

2X perte-

muan

2X perte-

Muan

2X pertemu-

An

2X pertemu-

An

Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga

2. Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun

karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo

3. Buku- Seni Budaya Kelas XI

budaya Penyusun

Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:

Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembelajaran :

Cat poster, cat air, pensil berwarna,

Penggaris, pensil berwarna,

Pastel, krayon, pengha-pus, spidol, dll.

SILABUS

Nama Sekolah :   SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran :  Seni Budaya
Kelas/Program :  XI IPA
Semester :  1
Alokasi Waktu :  14 x ((2X45 menit ) atau  14 pertemuan
Standar Kompetensi :  9.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni kria

Kompetensi Dasar

Materi Pelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/ Alat
10.1Merancang karya seni rupa terapan

Proyeksi perspektif dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah Mancanegara

10.2Membuat karya seni rupa terapan Proyeksi perspektif dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  di wilayah Mancanegara

10.3 Menyiapkan karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

10.4 Menata  karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

Karya seni rupa daerah setempat

Berekspresi karya seni rupa terapan daerah

Setempat

Faktor- faktor:

  1. Estetik
  2. Artistik
  3. Kegunaan
  4. Tempat
  5. Rasa Bahan
  6. Selera

Disain Seni Rupa terapan, perlu memperhatikan 3 hal:

  1. Bentuk
  2. Fungsi
  3. Bahan

Ujud Disain     ada 2:

  1. Struktural
  2. Dekoratif

Contoh :

Grafiti  /Dresspainting Lukisan, gambar poster, gambar dekorasi, papan informasi, ragam hias, model karya seni  kria terapan.

1.   Mengindetifikasi karya seni  rupa setempat Proyeksi perspektif  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.

2.   Mendeskripsikan makna seni rupa  setempat  Proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam kontek kehidupan budaya masyarakatnya.

3. Mendeskripsikan peranan   seni rupa setempat Proyeksi perspektif dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

4.Berperan aktif dalam mengolah dan mengeksplorasi penggunaan alat- alat dan bahan- bahan tradisional  dalam konteks kehidupan budaya masyarakat dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.

  1. Berkarya aktif dalam pengembangan dan penggunaan teknik dan gaya seni rupa terapan di wilayah mancanegara
    1. Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan dua dimensi daerah  di wilayah  Nusantara yang diujudkan dalam Proyeksi perspektif wilayah  Nusantara
  1. Mempresentasi-kan karya seni terapan dua dimensi Proyeksi perspektif daerah setempat di wilayah Nusantra
  1. Mendesain  gambar  seni rupa terapan Proyeksi perspektif yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  1. Membuat  karya seni terapan Proyeksi perspektif dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah Mancanegara
  1. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  1. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  2. Meyiapkan unsur pendukung pameran, brosur, undangan, poster, spanduk.
  1. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  2. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  3. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
  4. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
  5. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

masyarakatnya.

Jenis Tagihan:

Perorangan/ kelompok

Bentuk Tagihan:

Praktek,

Unjuk kerja,

Penilaian

proses

4X pertemu-

An

2X pertemu-

An

4X pertemu-

An

4X pertemu-

An

Buku- Seni Budaya

budaya

Kelas XI Penyusun Yayat Nursan-tara penerbit Erlangga

2. Buku- Seni Budaya

Kelas XI Penyusun

karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo

3. Buku- Seni Budaya Kelas XI Penyusun

Nafsiru-din Penerbit Yudistira

Bahan Pelajaran:

Tripleks, kertas asturo, kertas manila, HVS, dll

Alat Pembela-jaran :

Cat poster, cat air, pensil berwarna,

Penggaris, pensil berwarna,

Pastel, krayon, penghapus, spidol, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: