RPP 4 SENI RUPA SMA

RENCANA PEMBELAJARAN

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS / 1

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :

Alokasi Waktu                                           :

  1. Standar Kompetensi         :   9.  Mengapresiasi  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar             :   9.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah daerah setempet

III .  Indikator   :

1.  Mendeskripsikan karya seni  terapan/ Poster 1  daerah setempat  secara lisan atau  tertulis berdasarkan sejarahnya.

  1. Menjelaskan pengertian seni terapan/ Poster 1  .
  2. Mendeskripsikan karya seni  terapan/ Poster 1    daerah setempat berdasarakan karya seni  terapan  daerah setempat berdasarkan  sosial  budaya dan klasifikasinya.
  3. Menganalisis  karya seni  terapan/ Poster 1    daerah setempat berdas arkan fungsi.
  4. Membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial  masyarakatnya.
  5. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
  6. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan/ Poster 1   daerah setempat.
  7. Membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
  8. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
  1. Tujuan Pembelajaran :
    1. Siswa dapat  mendeskripsikan karya seni  terapan  daerah/ Poster 1   setempat  secara / Poster 1  klasifikasinya.
    2. Siswa dapat menganalisis  karya seni  terapan/ Poster 1    daerah setempat berdas arkan fungsi.
    3. Siswa dapat membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial  masyarakatnya.
    4. Siswa dapat mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
    5. Siswa dapat menunjukkan sikap empati seni rupa terapan/ Poster 1   daerah setempat.
    6. Siswa dapat membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
    7. Siswa dapat menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan/ Poster 1   daerah setempat.
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup

Pertemuan 2:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
    1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
    2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
    3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit

Yudistira

  1. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
  2. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
  3. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
    1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
    2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Rofii, BcHk, M. Pd

NIP

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 1

Tahun Pelajaran                                        :   2008/ 2009

Pertemuan                                                 :

Alokasi Waktu                                           :

  1. Standar Kompetensi    :   10..  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah nusantara .

10.2       Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah nusantara .

10.3                      Menyiapkan karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

10.4                      Menata  karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

III.  Indikator   :

  1. Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
  3. Mendesain  gambar  seni rupa terapan yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  4. Membuat  karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  7. Meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  8. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  9. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  10. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
  11. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
  12. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
    1. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
    2. Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
    3. Siswa dapat membuat  karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
    4. Siswa dapat mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
    5. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
    6. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
    7. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
    8. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
    9. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
    10. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
    11. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup

Pertemuan 2:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :

1.  Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga

2.  Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo

3.  Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit

Yudistira

  1. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
  2. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
  3. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
    1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
    2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

Draf RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X

Tingkat Satuan Ptendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  X/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :  1 sd  5

Alokasi Waktu                                           :    5  pertemuan

5  X ( 2X45 menit )

  1. Standar Kompetensi         :   9.  Mengapresiasi  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar             :

9.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah daerah setempet

9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan danTeknik dalam karya se-ni terapan di wilayah daerah Nusantara

III .  Indikator   : siswa dapat

1.    Mendeskripsikan karya seni  terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a secara lisan atau  tertulis  berdasarkan sejarahnya.

  1. Menjelaskan pengertian seni terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a
  2. Mendeskripsikan karya seni  terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a berdasarakan karya seni  terapan  daerah setempat berdasarkan  sosial  budaya dan klasifikasinya.
    1. Menganalisis  karya seni  terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a berdas arkan fungsi.
    2. Membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial  masyarakatnya.
    3. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a
    4. Menunjukkan sikap empati  seni rupa terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a.
    5. Membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupan terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a
    6. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan cergam/ komik 2 daerah wilayah Nusantar a

‘IV.  Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat  mendeskripsikan karya seni  terapan/ Poster 2   daerah setempat  secara lisan atau  tertulis berdasarkan sejarahnya.
  2. Siswa dapat  menjelaskan pengertian seni terapan/ Poster 2 .
  3. Siswa dapat mendeskripsikan karya seni  terapan  daerah setempat berdasarakan karya seni  terapan  Poster 2 daerah setempat berdasarkan  sosial  budaya dan klasifikasinya.
  4. Siwa dapat menganalisis  karya seni  terapan  Poster 2 daerah setempat berdas arkan fungsi.
    1. Siswa dapat membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial  masyarakatnya.
    2. Siswa dapat mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni  rupa terapan daerah setempat/ Poster 2 .
    3. Siswa dapat menunjukkan sikap empati seni rupa terapan daerah setempat.
      1. Siswa dapat membuat  tulisan atau lisan  atas tanggapan keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat/ Poster 2 .
      2. Siswa dapat menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupa  terapan daerah setempat/ Poster  2.
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, tugas penilaian proses/ portopolio,

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi:

Poster 2 makna dan pentingnya  media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.

Kriteria : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.

Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.

Demontrasi singkat beberapa teknik dan pengolahan bahan

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

Kesiapan dan kesepakatan tertib, bersih, nyaman, menyenangkan

Penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.

Teknik dikembangkan potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok  berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

–            Penutup

Pengemasan/ pengumpulan  dan kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 1

Pertemuan 2:

–            Apresepsi:

Mengulas proses tahap 1 yang lalu

Poster 2 makna dan pentingnya  media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.

Kriteria : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.

Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.

Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran :

Penyelesaian tahap 2 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan

Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.

Teknik dikembangkan potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok  berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

–            Penutup pertemuan:

Pengemasan/ pengumpulan  kembali dan kesimpulan proses seni terapan/ poster 2

tahap 2

Pertemuan 3:

–            Apresepsi

Mengulas proses tahap 2 yang lalu

Poster 2 makna dan pentingnya  media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.

Pemberitahuan ulang kriteria menggambar Poster : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.

Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.

Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

Penyelesaian tahap 3 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan

Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.

Teknik dikembangkan melalui potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok  berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

–            Penutup pertemuan

Pengemasan/ pengumpulan  kembali karya siswa dan penyampaian kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 3

Pertemuan 4:

–            Apresepsi

Mengulas proses tahap 3 yang lalu, dan penyampaian finishing/ penyelesain akhir.

Poster 2 makna dan pentingnya  media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.

Pemberitahuan ulang kriteria menggambar Poster : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan. Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.

Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

–       Kegiatan Inti  Pembelajaran

Penyelesaian tahap 3 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan

Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.

Teknik dikembangkan melalui potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok  berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

–            Penutup pertemuan

Pengemasan/ pengumpulan  kembali karya siswa  dalam proses dan penyampaian proses terakhir  dan informasi kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 4

Pertemuan 5:

–            Apresepsi

Mengulas proses tahap 4 yang lalu, dan penyampaian finishing/ penyelesain akhir.

Poster 2 makna dan pentingnya  media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.

Pemberitahuan ulang kriteria menggambar Poster : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan. Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.

Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

–       Kegiatan Inti  Pembelajaran

Penyelesaian tahap 3 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan

Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.

Teknik dikembangkan melalui potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok  berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

–            Penutup pertemuan

Pengemasan/ pengumpulan  kembali karya siswa  dalam proses dan penyampaian proses terakhir  dan informasi kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 5/ terakhir

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :

1.  Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat  Nursantara penerbit Erlangga

2.  Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit  Grafindo

3.   Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit

Yudistira

  1. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
  2. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
  3. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
  2. Jenis Tagihan        : perorangan, kelompok
  3. Bentuk Tagihan    : Praktik, unjuk kerja, penilaian proses/ portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  2

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   6 sd  9

Alokasi Waktu                                           :   4 X Pertemuan

4 X ( 2X 45 menit )

  1. Standar Kompetensi    :   10..  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
    1. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah nusantara .

10.2   Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara .

10.3     Menyiapkan karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

10.4       Menata  karya seni  rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

III.  Indikator   : siswa dapat

  1. Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan grafiti dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  2. Mempresentasikan karya seni terapan grafiti dua dimensi daerah setempat di wilayah
  3. Mendesain  gambar  seni rupa terapan  grafiti yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  4. Membuat  karya seni terapan grafiti dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  5. Mendisain karya seni terapan grafiti penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan grafiti yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  7. Meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  8. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  9. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  10. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
  11. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
  12. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
  3. Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan batik yang digali  dari seni rupa di wilayah daerah setempat  umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  4. Siswa dapat membuat  karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
  5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan  setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan  daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
  11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
  12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–          Apresepsi

–          Kegiatan Inti  Pembelajaran

–          Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
    1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
    2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
    3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
    4. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
    5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
    6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
    1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
    2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  3

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   5 sd  10

Alokasi Waktu                                           :   6 X Pertemuan

6         X ( 2X 45 menit )

  1. Standar Kompetensi    :   10.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah setempat.

10.2. Membuat karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara setempat.

III.  Indikator   : siswa dapat

  • Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Mempresentasikan karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah nusantara
  • Mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi media informasi/ dekorasi  daerah setempat di wilayah
  3. Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  4. Siswa dapat membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan media informasi/ dekorasi  yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.

10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi

11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  .

12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi

  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan portopolio

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                                Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–        Apresepsi

–        Kegiatan Inti  Pembelajaran

–        Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–        Apresepsi

–                 Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                 Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
    1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
    2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
    3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
    4. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
    5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
    6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
    1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
    2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  4

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   10 sd  12

Alokasi Waktu                                           :   6 X Pertemuan

  1. I.          X ( 2X 45 menit )
  1. I.              Standar Kompetensi    :   10.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. II.     Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah setempat.

10.2. Membuat karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara setempat.

  1. III.              Indikator   : siswa dapat
  • Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  Nusantara.
    • Mempresentasikan karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah nusantara
    • Mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
    • Membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
    • Mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
    • Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  kegiatan pameran seni rupa terapan

IV.   Tujuan Pembelajaran :

  • · Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi  Grafiti daerah setempat di wilayah  Nusantara.
  • · Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi Grafiti media informasi/ dekorasi  daerah setempat di wilayah
  • · Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan Grafiti media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • · Siswa dapat membuat  karya seni terapan Grafiti media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • · Siswa dapat mendisain karya seni terapan Grafiti media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • · Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan Grafiti media informasi/ dekorasi  yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  • · Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  • · Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  • · Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan media informasi/ dekorasi  pembuatan, proses yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  • · Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  • · Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan Grafiti media informasi/ dekorasi  .
  • · Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan Grafiti media informasi/ dekorasi
  1. IV.     Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan portopolio

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                                Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–        Apresepsi

–        Kegiatan Inti  Pembelajaran

–        Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–               Apresepsi

–                 Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                 Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
    1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
    2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
    3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
    4. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
    5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
    6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
    1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
    2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  4

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   13 sd  15

Alokasi Waktu                                           :   3 X Pertemuan

3X ( 2X 45 menit )

  1. I.          Standar Kompetensi    :   10.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah setempat.

10.2. Membuat karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara setempat.

III.  Indikator   : siswa dapat

  • Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Mempresentasikan karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah nusantara
  • Mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi media informasi/ dekorasi  daerah setempat di wilayah
  3. Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  4. Siswa dapat membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan media informasi/ dekorasi  yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  .
  12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi

VIII.  Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan portopolio

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                                Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–        Apresepsi

–        Kegiatan Inti  Pembelajaran

–        Penutup pertemuan

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
  • Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
  • Buku Refreresi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
  • Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
  • VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
  • Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
  • Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
  • Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
  • Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  5

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   16 sd  18

Alokasi Waktu                                           :   6 X Pertemuan

  1. I.     Standar Kompetensi    :   10.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah setempat.

10.2. Membuat karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara setempat.

III.  Indikator   : siswa dapat

  • Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Mempresentasikan karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah nusantara
  • Mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan Komik media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan Komik dua dimensi media informasi/ dekorasi  daerah setempat di wilayah Nusantara
  • Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Siswa dapat membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Siswa dapat mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  • Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  • Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  • Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan media informasi/ dekorasi  yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  • Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  • Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  .
  • Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan portopolio

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                                Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–        Apresepsi

–        Kegiatan Inti  Pembelajaran

–        Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–        Apresepsi

–                 Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                 Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
  • Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
  • Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
  • Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
  • VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
  • Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
  • Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll
  1. Penilaian :
  • Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
  • Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke                                                               :  6

Tingkat Satuan Pendidikan                     :  SMA Negeri 1 Brebes

Mata Pelajaran                                         :  Seni Budaya

Kelas/ Semester                                        :  XI IPS/ 2

Tahun Pelajaran                                        :  2008/ 2009

Pertemuan                                                 :   19 sd  21

Alokasi Waktu                                           :   6 X Pertemuan

  1. I.          Standar Kompetensi    :   10.  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar        :

10.1 Merancang karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah   setempat di wilayah setempat.

10.2. Membuat karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah  setempat di wilayah nusantara setempat.

III.  Indikator   : siswa dapat

  • Mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan batik dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Mempresentasikan karya seni terapan batik dua dimensi daerah setempat di wilayah nusantara
  • Mendesain  gambar  seni rupa terapan batik yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Membuat  karya seni terapan batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Mendisain karya seni terapan batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV.   Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat mengindentifikasi  gambar karya seni rupa  terapan media informasi/ dekorasi  dua dimensi daerah setempat di wilayah  setempat.
  • Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi media informasi/ dekorasi  daerah setempat di wilayah
  • Siswa dapat mendesain  gambar  seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang digali  dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat  khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
  • Siswa dapat membuat  karya seni terapan media informasi/ dekorasi  dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
  • Siswa dapat mendisain karya seni terapan media informasi/ dekorasi  penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
  • Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat  hasil karya sendiri di kelas.
  • Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
  • Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
  • Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan media informasi/ dekorasi  yang dikembangkan dari seni rupa terapan  setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
  • Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  • Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi  .
  • Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan media informasi/ dekorasi
  1. Methode Pembelajaran :

Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan portopolio

  1. Langkah- langkah Pembelajaran :

Pertemuan 1:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–            Penutup

Pertemuan 2:

–            Apresepsi

–            Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                                Penutup pertemuan

Pertemuan 3:

–        Apresepsi

–        Kegiatan Inti  Pembelajaran

–        Penutup pertemuan

Pertemuan 4:

–        Apresepsi

–                 Kegiatan Inti  Pembelajaran

–                 Penutup

  1. Alat/ bahan dan sumber belajar :
    1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
    2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Harry Sulastiyanto  penerbit Grafindo
    3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya   karangan  Nafsirudin  penerbit Yudistira
    4. VCD  kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint

XIII.  Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll

XIV.  Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

  1. Penilaian :
  • Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
  • Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio
Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran
Drs. Ropii, BcHk, M. Pd

NIP 131924987

Dr s. Mohammad Sanuri

NIP 131771307

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: