rencanaa pengjaran seni rupa 3

RENCANA PEMBELAJARAN
Ke : 1
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 1 sd 4
Alokasi Waktu : 4 pertemuan
4 X ( 2X45 menit )

I. Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 9.1 Mengindetifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah daerah setempet

III . Indikator : siswa dapat
1. Mendeskripsikan karya seni terapan Poster 2 daerah setempat secara lisan atau tertulis berdasarkan sejarahnya.
2. Menjelaskan pengertian seni terapan/ Poster2.
3. Mendeskripsikan karya seni terapan/ Poster2 daerah setempat berdasarakan karya seni terapan daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya.
4. Menganalisis karya seni terapan/ Poster 2 daerah setempat berdas arkan fungsi.
5. Membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial masyarakatnya.
6. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan / Poster daerah setempat.
7. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan / Poster 2 daerah setempat.
8. Membuat tulisan atau lisan atas tanggapan keunikan karya seni rupan terapan / Poster daerah setempat.
9. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah setempat.

‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mendeskripsikan karya seni terapan/ Poster 2 daerah setempat secara lisan atau tertulis berdasarkan sejarahnya.
2. Siswa dapat menjelaskan pengertian seni terapan/ Poster 2 .
3. Siswa dapat mendeskripsikan karya seni terapan daerah setempat berdasarakan karya seni terapan Poster 2 daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya.
4. Siwa dapat menganalisis karya seni terapan Poster 2 daerah setempat berdas arkan fungsi.
5. Siswa dapat membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial masyarakatnya.
6. Siswa dapat mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat/ Poster 2 .
7. Siswa dapat menunjukkan sikap empati seni rupa terapan daerah setempat.
8. Siswa dapat membuat tulisan atau lisan atas tanggapan keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat/ Poster 2 .
9. Siswa dapat menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupa terapan daerah setempat/ Poster 2.

V. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, tugas penilaian proses/ portopolio,

VI. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi:
Poster 2 makna dan pentingnya media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.
Kriteria : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.
Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.
Demontrasi singkat beberapa teknik dan pengolahan bahan
– Kegiatan Inti Pembelajaran
Kesiapan dan kesepakatan tertib, bersih, nyaman, menyenangkan
Penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.
Teknik dikembangkan potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2
– Penutup
Pengemasan/ pengumpulan dan kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 1

Pertemuan 2:
– Apresepsi:
Mengulas proses tahap 1 yang lalu
Poster 2 makna dan pentingnya media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.
Kriteria : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.
Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.
Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan
– Kegiatan Inti Pembelajaran :
Penyelesaian tahap 2 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan
Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.
Teknik dikembangkan potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

– Penutup pertemuan:
Pengemasan/ pengumpulan kembali dan kesimpulan proses seni terapan/ poster 2
tahap 2

Pertemuan 3:
– Apresepsi
Mengulas proses tahap 2 yang lalu
Poster 2 makna dan pentingnya media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.
Pemberitahuan ulang kriteria menggambar Poster : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan.
Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.
Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

– Kegiatan Inti Pembelajaran
Penyelesaian tahap 3 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan
Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.
Teknik dikembangkan melalui potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

– Penutup pertemuan
Pengemasan/ pengumpulan kembali karya siswa dan penyampaian kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 3

Pertemuan 4:
– Apresepsi
Mengulas proses tahap 3 yang lalu, dan penyampaian finishing/ penyelesain akhir.
Poster 2 makna dan pentingnya media komunikasi visual yang menarik, jelas, komunikatif, atraktif, baru dan menantang serta aktual gambar dan pesan lettering pusat perhatian.
Pemberitahuan ulang kriteria menggambar Poster : Gambar jelas dan menarik, aktual/ original, komposisi serasi dan jadi pusat perhatian, lettering tepat dan padat/ singkat, aktual dan tidak membosankan. Pengembangan tanya jawab siswa dengan guru, siswa dengan siswa, penggalian kasus kesulitan proses.
Penyampaian kelemahan- kelemahan singkat kekurangan teknik dan gaya beberapa teknik dan pengolahan bahan

– Kegiatan Inti Pembelajaran
Penyelesaian tahap 3 Kesiapan dan kesepakatan lanjutan tetap tertib, bersih, nyaman, menyenangkan
Lanjutan penerapan kompetensi diri ( kecapan hidup/ live skill )dalam proses portopollio seni terapan/ Poster 2.
Teknik dikembangkan melalui potensi diri dan pengembangan eksplorasi, kerja sama dalam kelompok berdasar potensi diri penyelesaian seni terapan/ poster 2

– Penutup pertemuan
Pengemasan/ pengumpulan kembali karya siswa dalam proses dan penyampaian proses terakhir dan informasi kesimpulan proses seni terapan/ poster 2 tahap 4/ terakhir

VII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit
Yudistira
4. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

VIII. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja, penilaian proses/ portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke : 2
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 5 sd 8
Alokasi Waktu : 4 X Pertemuan
4 X ( 2X 45 menit )

I. Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan Teknik dalam karya se-ni terapan di wilayah daerah Nusantara

III. Indikator : siswa dapat
1. Mendeskripsikan karya seni terapan Poster 2 daerah setempat secara lisan atau tertulis berdasarkan sejarahnya.
2. Menjelaskan pengertian seni terapan/ Poster2.
3. Mendeskripsikan karya seni terapan/ Poster2 daerah setempat berdasarakan karya seni terapan daerah setempat berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya.
4. Menganalisis karya seni terapan/ Poster 2 daerah setempat berdas arkan fungsi.
5. Membedakan bentuk- bentuk seni berdasarkan fungsi sosial masyarakatnya.
6. Mengindetifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupan terapan / Poster daerah setempat.
7. Menunjukkan sikap empati seni rupa terapan / Poster 2 daerah setempat.
8. Membuat tulisan atau lisan atas tanggapan keunikan karya seni rupan terapan / Poster daerah setempat.
9. Menyepakati penerapan pengusaan penggunaan teknik dan gaya karya seni rupan terapan daerah setempat.
‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Siswa dapat mendesain gambar seni rupa terapan batik yang digali dari seni rupa di wilayah daerah setempat umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Siswa dapat membuat karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.
7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

V. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

VI. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

Pertemuan 2:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 3:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 4:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

VII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit Yudistira
4. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

VIII. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke : 3
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 9 sd 11
Alokasi Waktu : 3 X Pertemuan
3 X ( 2X 45 menit )

I. Standar Kompetensi : 10.. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar :
10.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah nusantara .

III. Indikator : siswa dapat
1. Mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Membuat karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.

‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Siswa dapat mendesain gambar seni rupa terapan batik yang digali dari seni rupa di wilayah daerah setempat umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Siswa dapat membuat karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.

VI. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

VII. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

Pertemuan 2:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 3:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

VIII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
2 Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit Yudistira
4. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

IX. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke : 4
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 11 sd 13
Alokasi Waktu : 3 X Pertemuan
3 X ( 2X 45 menit )

I. Standar Kompetensi : 10.. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar : 10.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat di wilayah nusantara .

III. Indikator : siswa dapat
1. Mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Membuat karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.

‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Siswa dapat mendesain gambar seni rupa terapan batik yang digali dari seni rupa di wilayah daerah setempat umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Siswa dapat membuat karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.

V. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

VI. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

Pertemuan 2:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 3:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 4:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

VII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
2. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit Yudistira
4. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
5. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
6. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

VIII. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke : 5
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 14 sd 16
Alokasi Waktu : 3 X Pertemuan
4 X ( 2X 45 menit )

III. Standar Kompetensi : 10.. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
IV. Kompetensi Dasar : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

III. Indikator : siswa dapat
1. Mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Membuat karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.
7. Meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
8. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
9. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
11. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
12. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Siswa dapat mendesain gambar seni rupa terapan batik yang digali dari seni rupa di wilayah daerah setempat umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Siswa dapat membuat karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.
7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

V. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

VI. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

Pertemuan 2:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 3:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

VII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
7. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
8. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
9. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit Yudistira
10. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
11. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
12. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

VIII. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

RENCANA PEMBELAJARAN

Ke : 6
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X/ 2
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Pertemuan : 17 sd 20
Alokasi Waktu : 4 X Pertemuan
5 X ( 2X 45 menit )

I. Standar Kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II. Kompetensi Dasar :
10.4 Menata karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah.

III. Indikator : siswa dapat
1. Mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Membuat karya seni terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara
5. Mendisain karya seni terapan penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Mengindetifikasi karya seni rupa terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.
7. Meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
8. Pembentukan dan pengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
9. Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
11. Membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
12. Mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

‘IV. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah setempat.
2. Siswa dapat mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi daerah setempat di wilayah
3. Siswa dapat mendesain gambar seni rupa terapan batik yang digali dari seni rupa di wilayah daerah setempat umumnya di daerah set empat khususnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya.
4. Siswa dapat membuat karya seni terapan disain batik dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah nusantara daerah setempat.
5. Siswa dapat mendisain karya seni terapan setempat disain batik penggunaan alat proses pembuatan, proses pewarnaan alam, proses pewarnaan sintesis.
6. Siswa dapat mengindetifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat yang akan dipamerkan dari seni rupa setempat hasil karya sendiri di kelas.
7. Siswa dapat meyiapkan unsur pendukung ,panitia pameran, brosur, undangan, poster, spanduk, sktsel, tata ruang, lighting dll
8. Siswa dapat membentuk dan mengelompokan anggota/ panitia dalam pelaksanaan kegiatan pameran.
9. Siswa dapat menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa terapan setempat dari wilayah Nusantara hasil karya sendiri di kelas.
10. Siswa dapat mengindentifikasi pameran seni rupa terapan
11. Siswa dapat membuat laporan kegiatan pameran seni rupa terapan.
12. Siswa dapat mengevaluasi kegiatan pameran seni rupa terapan kegiatan pameran seni rupa terapan

V. Methode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, demonstrasi, eksplorasi potensi diri, penugasan,

VI. Langkah- langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

Pertemuan 2:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 3:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup pertemuan

Pertemuan 4:
– Apresepsi
– Kegiatan Inti Pembelajaran
– Penutup

VII. Alat/ bahan dan sumber belajar :
1. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya Penyusun Yayat Nursantara penerbit Erlangga
3. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Harry Sulastiyanto penerbit Grafindo
4. Buku Refrerensi kelas X Seni budaya karangan Nafsirudin penerbit Yudistira
5. VCD kegiatan lomba, bahan presentasi/ powerpoint
6. Cat poster, pastel, pensil berwarna, kuas, penggaris, pensil, spidol, dll
7. Tripleks, kertas manila, kertas HVS dll

VIII. Penilaian :
1. Jenis Tagihan : perorangan, kelompok
2. Bentuk Tagihan : Praktik, unjuk kerja portopolio

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Brebes

Guru Mata Pelajaran

Drs. Ropii, BcHk, M. Pd
NIP 131924987 Dr s. Mohammad Sanuri
NIP 131771307

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: